screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
29 Jun 2022 - Screw Compressor | By admin

Pengertian Udara Terkompresi dan Fungsinya

Bicara mengenai udara, tentu Anda mengira kalau hal tersebut adalah apa yang kita hirup sehari-hari dalam proses pernapasan. Namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan udara terkompresi? Jika belum, berikut sejumlah penjelasannya.

Pengertian Udara Terkompresi

Udara terkompresi sejatinya ada di sekitar kita, baik udara yang ada di dalam balon maupun udara ketika kita memompa ban sepeda. Secara teoritis, udara terkompresi merupakan udara yang tersimpan di bawah tekanan yang lebih besar daripada tekanan atmosfer.

Udara terkompresi ini diproduksi oleh mesin yang kita kenal dengan istilah kompresor. Sebelum membaca lebih jauh tentang udara terkompresi Anda dapat membaca lebih dahulu mengenai jenis kompresor serta memahami prinsip kerja kompresor tersebut.

Seperti yang kita ketahui, udara sendiri merupakan campuran gas dengan komponen utamanya adalah nitrogen sebesar 78% dan oksigen sebesar 21%. Udara ini terdiri dari molekul yang berbeda dan masing-masing mempunyai sejumlah energi kinetik.

udara terkompresi alur kerjaflow udara terkompresi yang menggerakan mesin (sumber : gison.com.tw)

Suhu udara akan berbanding lurus dengan energi kinetik rata-rata dari molekul tersebut. Jadi jika suhu udara sedang tinggi, maka energi kinetik akan menjadi lebih besar dan molekul udara akan bergerak lebih cepat. Sebaliknya, jika suhu rendah maka energi kinetik akan mengecil.

Mengompresi atau melakukan penekanan udara akan membuat molekulnya bergerak dengan lebih cepat sehingga mampu meningkatkan suhu. Dengan demikian, dapat diketahui secara harfiah jika udara yang dikompresi berarti kita memaksa udara ke ruang yang lebih kecil sehingga dapat membawa molekul lebih dekat antara satu dengan yang lainnya.

Keuntungan Kompresi Udara

Udara yang terkompresi merupakan media yang sangat baik untuk dapat menyimpan dan mentransmisikan energi. Selain lebih fleksibel, cara ini juga serba guna dan relatif aman jika dibandingkan dengan metode penyimpanan energi yang lain seperti baterai atau uap.

Baterai mempunyai ukuran yang cukup besar dan usia pemakaian yang terbatas. Begitu pula dengan uap meskipun lebih kecil namun di sisi lain tidak hemat dari segi biaya dan cenderung sangat panas sehingga tidak terlalu ramah pengguna.

pembuatan udara terkompresi dalam sistem

udara terkompresi diciptakan dari compressed air system (sumber : debeddy.net)

Konsep kompresi udara ini secara tidak langsung merupakan penerapan dari prinsip kompresor perpindahan positif. Sebagai contoh ketika kita sedang menggembungkan sebuah balon karet, maka volume udara dipaksa menjadi lebih kecil. 

Energi yang terkandung pada udara yang terkompresi di dalamnya sama dengan energi untuk mengembangkannya sehingga ketika kita membuka balon dan udara dilepaskan, energi tersebut akan hilang dan membuat balon karet menjadi terbang.

Baca Juga : Prinsip Kerja Kompresor yang Belum Ketahui

Menemukan Udara Terkompresi

Udara terkompresi ini bisa mentransfer energi dan digunakan pada alat-alat listrik seperti bor, kunci pas, hingga palu udara. Itulah mengapa sistem udara terkompresi ini biasa digunakan pada berbagai proses industri.

Penggunaan udara yang terkompresi ini juga banyak diterapkan pada rem, terlebih untuk beberapa kendaraan besar, sebagai contoh kereta api. Rem yang menerapkan sistem udara tekan ini akan membuat keamanan kereta api semakin meningkat serta lebih efisien untuk dioperasikan.

Menemukan udara yang terkompresi dalam berbagai proses industri memang bukan tanpa sebab. Satu alasan pentingnya adalah keselamatan, di mana dibandingkan energi listrik, alat-alat dengan udara ini tidak dapat secara langsung merusak atau membuat kita terluka, bahkan dapat digunakan pada lantai yang basah atau di daerah yang lembab.

Selain itu, udara bertekanan ini juga lebih fleksibel sehingga mudah dipakai pada daerah yang terpencil, konstruksi, atau pertambangan. Bahkan, biaya yang dibutuhkan juga lebih ringan dan lebih rendah dibandingkan alat-alat listrik.

Itulah beberapa hal terkait udara terkompresi yang dapat ditemukan sehari-hari. Nah, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita!

Baca Juga : Pilihan Screw Compressor di Indonesia, No 1 Pasti yang Terbaik

Untuk Anda yang membutuhkan udara kompresi hasil dari kompresor, Kami PT Intidaya Dinamika Sejati memiliki produk kompresor dari Renner Kompressoren. Produk asli dari Jerman yang sudah berpengalaman dan juga telah menjangkau hingga belahan dunia. Renner mengembangkan produk kompresor khususnya screw compressor.

Selain itu, Kami juga memiliki rental compressor yang bisa Anda gunakan sementara apabila mesin yang Anda punya sedang mengalami kerusakan atau ada projek sementara di tempat yang berbeda. Kami bersedia untuk melakukan instalasi sekaligus di tempat Anda.

Segera hubungi Kami, atau Anda dapat langsung mendatangi kantor Kami yang ada di 4 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang dan Jember. Kami siap menunggu dan melayani kebutuhan Anda.

------ FAQ ------
Bagaimana Sejarah Renner Kompressoren? screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
Perbedaan Screw Compressor dan Piston Compressor? screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
Bagaimana biaya perawatan screw compressor? screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
Perbedaan Oil Free dan Oil Inject? screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
Kontak Telepon

Hubungi Kami

------
Kompresor sering kita lihat di pinggir jalan, biasanya yang digunakan bengkel kendaraan motor atau mobil dimana mereka membutuhkan kompresor tersebut untuk mengisi angin ban atau penggunaan alat-alat yang membutuhkan udara dengan tekanan tinggi. Namun kompresor tersebut berjenis piston compressor. Ada compressor yang lebih dapat diandalkan yaitu screw compressor.

Cara kerja screw compressor ini adalah membuat fluida (udara atau gas) bertekanan dari udara normal. Secara sederhana, kompresor ini akan menghisap udara normal yang ada diluar kemudian dipadatkan menjadi udara bertekanan tinggi yang dapat dimanfaatkan sistem. Bukan hanya bengkel kendaraan saja yang membutuhkan udara ini, melainkan industri besar tentu membutuhkan udara bertekanan untuk membantu proses-proses penting. Jika bengkel mungkin menggunakan kompresor jenis piston atau piston compressor, maka di industri besar membutuhkan kompresor yang dapat diandalkan dalam jangka waktu yang lama yaitu jenis screw compressor atau kompresor sekrup.

Industri yang membutuhkan udara bertekanan hasil kompresi dari sebuah screw compressor sangat beragam. Industri tersebut seperti pembuatan keramik yang digunakan pada proses pelapisan gelas keramik. Kemudian di mesin pembangkit listrik untuk mengendalikan fungsi otomatis ketel uap. Selain itu juga di industri makanan dan minuman, biasanya digunakan pada proses penutupan kemasan yang menggunakan media botol. Ada banyak industri lainnya seperti industri kimia, industri rokok, industri tekstil, industri alat musik.

Screw compressor punya dua pilihan yaitu single screw dan double screw. Keduanya sama-sama menggunakan rotary screw namun cara kerjanya saja yang berbeda. Untuk jenis single screw compressor menggunakan satu rotor dan 2 gasterotor/star wheels. Udara yang masuk lalu mengisi bagian alur atas dan bawah sekrup utama. Proses kompresi terjadi secara bersamaan karena punya dua gaterotors sehingga membuat single screw compressor ini punya air delivery yang lebih besar dibanding dengan double screw compressor.

Lalu untuk double screw compressor menggunakan dua rotor (helical screw) untuk mengkompresi udara. Dua rotor tersebut memiliki bentuk berbeda namun sesuai satu sama lain. Udara yang masuk akan terhisap masuk dan terjebak di sisi rotor, karena terus berputar, maka udara akan menuju ujung rotor.

Double screw compressor memiliki dua tipe yaitu double screw compressor oil free dan double screw compressor oil-inject. Perbedaannya terletak pada penggunaan pelumas atau oli pada pengkompresian didalam ruang. Pada jenis oil free terjadi dua tahap karena ruang sempit antara kedua rotor yang berfungsi untuk membuat udara yang tidak terlalu panas. Sedangkan oil inject menggunakan pelumas yang berfungsi melumasi rotor agar tidak mudah memuai dan juga sebagai pendingin udara yang dikompresi. Pemisahan antara oli dengan udara terjadi di separator tank. Sehingga mungkin masih ada sedikit oli yang mengikuti udara hasil kompresi.

Untuk mendapatkan screw compressor, Anda dapat menemukannya di PT Intidaya Dinamika Sejati. Kami menjual screw compressor dengan menjadi official distributor Renner Kompressorren di Indonesia. Renner merupakan perusahaan yang memproduksi compressor terbaik dan sudah menjangkau ke berbagai belahan dunia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1994 yang berlokasi di Jerman. Kemudian pada tahun 2006 sudah memiliki sertifikasi DIN EN ISO 9001. Jika Anda tertarik untuk mencari alternatif dari kompressor fusheng, hitachi, ingersollrand, kaeser, sullair, elgi, atlas copco atau merk lainnya, maka pilihannya ada pada Renner compressor.

Anda tak perlu ragu mengenai jaminan mesin ini, karena Kami juga memiliki bengkel untuk memperbaiki segala kerusakan yang terjadi. Kami memiliki Bengkel Sejati yang berlokasi di Jember. Sehingga untuk segala kerusakan hingga fasilitas trade-in Anda bisa menghubungi sales representatif kami.
screw compressor Renner Kompressoren Indonesia
Jakarta
---o---
Jl. Pangeran Jayakarta,
Blok 123 No 41 Sawah Besar,
Jakarta - Indonesia
Telp. +62 21 6008054
Fax. +62 21 6490902
Mobile. +62 81 2378 55591
Surabaya
---o---
Jl. Walikota Mustajab 59A,
Surabaya - Indonesia
Telp. +62-31-5450149
Fax. +62-31-5471721
Mobile. +62 81 2378 55591
SEMARANG
---o---
Jl. Kepodang Selatan 1,
Perum Puskopkar A23-25,
Semarang - Indonesia
Telp. +62 24-50229111
Mobile. +62 81 2378 55591
Jember
---o---
Jl. Moch Tamrin KM1
Jember - Indonesia
Telp. +62 331-488505
Legal Mention  |  Privacy Policy  |  screw compressor @2022 - created by KIBO CREATIVE